Senin, 05 Januari 2015

Nugget Ayam Wortel Home Made !

Saya termasuk penggemar berat Nugget Ayam, bahkan  beberapa merk produsen Nugget yang terkenal pun sering kali jadi penghibur saya saat membuka kulkas disaat lapar, tinggal goreng sebentar lalu bisa dimakan dengan nasi atau dicolek dengan saus sebagai cemilan..hhmmm nyummy.

Namun berbeda ceritanya dengan sekarang. Setelah mempunyai Anak, saya lebih selektif dalam memilih makanan terutama untuk si Kecil ku Shasa. Shasa termasuk anak yang gampang makan, terlebih dengan yang namanya cemilan, namun tetap saja bila sedang saatnya mogok makan rasanya harus memutar otak cari cara agar shasa mau membuka mulut untuk makan.

Buah tak kan jatuh jauh dari pohonnya. Begitupun dengan anak, tak kan beda jauh dari org tuanya xixixi. dan shasa pun juga suka dengan nugget ayam. Daripada memberikan shasa Nugget ayam merk tertentu yang sebenarnya kita tdk tau apa saja sebenarnya kandungan yg ada di dalamnya, ada msgnya kah? penyedapnya kah? ada pengawetnya kah ko bisa expired sampai berbulan bulan? dan lain lain  , akhirnya saya mengambil jalan membuat sendiri Nugget Ayam untuk buah hati tercinta, dan pastinya nanti juga saya ikutan makan dong heheh.

Dari hasil Googling beberapa resep, s aya mencoba resep Nugget Ayam Wortel Home Made, pastinya sehat dan bergizi. .Sayapun jatuh hati dengan resep dari blog kesukaan saya bila ingin mencoba resep2 baru  http://www.justtryandtaste.com/2012/12/nugget-ayam-dengan-wortel-its-homemade.html

Berikut ini resepnya:


Nugget Ayam dengan Wortel 
Resep diadaptasikan dari blog Vivian Pang Kitchen - Chicken Nuggets 

saya menggunakan loyang 22 x 22 x 4 cm

Bahan & Bumbu:

- 500 - 600 gram daging ayam cincang ( saya menggunakan food processor )
- 1/2 buah wortel serut kasar
- 1/2 buah bawang bombay, serut kasar
- 3 buah bawang putih, parut atau haluskan
- 2 butir telur
- 2 sendok makan tepung tapioka/tepung sagu/tepung kanji bisa juga menggunakan tepung maizena
- 1 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok teh garam
- 1 sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh kaldu ayam bubuk (optional)
- 1 sendok makan kecap ikan (fish sauce)
- 4 sendok makan tepung panir, bisa diganti dengan oatmeal instan
- 5 sendok makan mayonaise

Untuk lapisan permukaannya:
- 2 butir telur, kocok lepas
- tepung panir secukupnya

Cara membuat:
Siapkan loyang, pastikan ukuran loyang anda pas dengan dandang kukusan yang anda miliki, karena nantinya adonan akan kita kukus. Alasi permukaan loyang dengan kertas minyak/kertas baking, olesi permukaan kertas dan bagian samping loyang dengan minyak. Sisihkan.

Siapkan mangkuk, masukkan semua bahan nugget, aduk rata dengan spatula. 

Tuangkan adonan ke dalam loyang yang telah kita siapkan, ratakan permukaannya agar smooth. Kukus adonan selama 25 - 30 menit hingga benar-benar matang. Adonan yang kurang matang akan lembek dan sulit dipotong.







  Potong potong sesuai selera, saya lebih suka memotongnya persegi panjang. Gulingkan potongan nugget ke dalam kocokan telur, kemudian lumuri permukaannya dengan tepung panir, tekan-tekan agar tepung panir menempel erat diseluruh permukaan nugget. Gulingkan sekali lagi nugget ke telur dan tepung panir, agar nugget lebih crispy.






Goreng dalam minyak panas dengan api kecil, karena tepung panir mudah menjadi gosong, hingga permukaan nugget menjadi coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.

Jika anda ingin menyimpan di dlm freezer , jangan digoreng.  Setelah dilumur tepung panir, masukkan ke dalam wadah kedap udara. Lalu masukkan freezer agar membeku, bisa awet hingga 1 Bulan.  Bila ingin menggoreng keluarkan dulu sampai suhu ruang dan tdk membeku baru digoreng agar gizinya tidak hilang . 


Dan Shasa pun, sukaaaa sekali dengan nugget buatan saya. Hilang sudah semua lelah berganti senyum ceria melihatnya lahap makan :) 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar