Senin, 05 Januari 2015

Brownies Kukus Ny.Liem

Sebelum kita menuju resep dan cara pembuatan brownies, sedikit cerita tentang brownies yang saya sunting dari  Wikipedia  . 

brownies coklat adalah sebuah penganan yang dipanggang yang berbentuk persegi, datar atau bar dikembangkan di Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 dan dipopulerkan di Amerika Serikat dan Kanada pada paruh pertama abad ke-20.

Sejarah Brownies pertama kali muncul di hadapan publik pada tahun 1893. Saat itu digelar sebuah acara berupa pameran yang bertajuk Columbian Exposition yang diselenggarakan salah satu kota besar di AmerikaChicagoIllinois. Pada saat itu seorang koki dari Hotel Palmer House membuat suatu inovasi kue setelah sang pemilik hotel Bertha Palmer memintanya untuk menghidangkan makanan penutup untuknya dan para perempuan yang hadir pada pamerantersebut. Sang koki diminta untuk membuat kue yang lain daripada yg lain dipotong kecil-kecil agar mudah dimakan.

Sungguh sangat sulit untuk memastikan asal mula kue brownies ini, konon dari banyaknya cerita yang beredar, kue brownies berawal dari seorang koki yang lupa memasukkan bahan kue pengembang yang disebut baking powderdalam resep adonan kue bolu coklatnya. Sehingga alhasil setelah kue bolu tersebut dipanggang tidak mengembang seperti halnya kue-kue bolu yang biasa dia buat. Tekstur kue bolu coklat yang harusnya lembut, tebal, dan banyak berpori, menjadi bantat, padat dan sedikit basah.

Resep awal brownies adalah berupa tepung, mentega, gula, telur, coklat yang telah dilelehkan, serta kacang almond. Hal ini menjadi satu hal yang pasti bahwa resep dasar brownies tidak pernah berubah sejak ratusan tahun lalu. Pada saat ini brownies telah mengalami banyak modifikasi dengan beragam aneka rasa tambahan seperti brownies keju, brownies pisang, blueberry, strawberry, kacang-kacangan, kopi, dan masih banyak lagi variasi brownies lainnya. Begitu pula dengan cara proses pembuatannya yang tidak hanya dipanggang, namun dapat pula dengan proses pengukusan yang dikenal dengan nama brownies kukus.

Jika Anda sudah pernah merasakan legit nya brownies panggang, kali ini kita coba dengan brownies kukus yang lembut di lidah dan rasa coklatnya juga benar benar terasa. saya menggunakan resep brownies kukus ny.liem yang sangat terkenal dan banyak dipakai oleh para bakul kue rumahan. dan rasanya? pastinya tidak kalah dengan brownies kukus khas bandung yang terkenal itu. Bedanya, brownies ini dihasilkan dari dapur kita sendiri ^_^ , selamat mencoba .

Saya menggunakan 1/ resep yg telah saya konversi di bawah ini dan saya menggunakan loyang 22 x22 cm yang setelah matang saya belah menjadi 2.


Bahan-bahan:

Bahan I :
- 6 butir telur suhu kamar 
- 225 gram gula pasir 
- 10 gram ovalet 
-1/2 sendok teh vanili ekstrak 

Bahan II: 
Campur & Ayak
- 125 gram tepung terigu serba guna (segitiga biru)
- 50 gram coklat bubuk kualitas baik (saya pakai van houten )
- 1/2 sendok teh baking powder double acting.

Bahan III:
 Lelehkan dengan cara di tim
- 175 ml minyak sayur kualitas baik
- 100 gram dark coklat ( saya pakai colatta dark )
cara tim: taro di wadah stainless minyak sayur dan dark coklat. kemudian wadah tersebut taro diatas panci yg telah terisi air. Nyalakan kompor dengan api sedang, bila pinggirannya telah berbuih, matikan (tdk perlu sampai mendidih ) . diamkan sejenak nanti akan meleleh sendiri, lalu aduk rada hingga tercampur rata antara minyak dan coklatnya.

Bahan IV:
- 75 ml susu kental manis 

Cara Pembuatan :
1. Mixer sampai mengembang kental berjejak Bahan I 
2. Matikan mixer, masukkan bahan II, aduk rata dengan spatula. Ada juga yg menggunakan mixer dengan speed rendah namun saya lebih suka menggunakan spatula.
3. kemudian masukkan bahan III, aduk balik dengan spatula, pastikan tdk ada minyak/cairan coklat yang mengendap dibawah.
4. pisahkan  1/4 adonan di wadah lain, lalu campur dengan bahan IV (nantinya hasilnya sebagai lapisan coklat di tengah ).
5. tuang 1/2 adonan ke dalam loyang yang telah dolesi mentega dan ditaburi terigu tipis2 atau dialasi dengan kertas roti yang telah diolesi mentega.
6. kukus di dalam kukusan yang telah mendidih airnya selama 10 menit ( pastikan bila menggunakan kukusan biasa, bunggus tutup kukusan dengan serbet bersih agar uap yang terjebak di tutup tidak menetes ke atas kue ) 
7. masukkan Bahan IV yg telah dicampur dengan sedikit adonan tadi (point no.4)  , kukus kira kira 5 menit.
8.masukkan sisa adonan terakhir, kukus lagikira2 30 menit atau hingga matang. gunakan tes tusuk untuk memastikan kue telah matang.
9. keluarkan dari kukusan. tuang ke wadah datar, dinginkan. dapat langsung dimakan atau diberi topping sesuai selera. base cake ini juga sering kali saya jadikan base cake black forrest atau cake ulang tahun, tinggal dihias sesuai selera .


Selamat mencoba :) 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar