Kamis, 29 Januari 2015

Kue Caramel / Sarang Semut

Kue Karamel 
Kue Sarang Semut 



Resep dasar kue ini saya dapatkan dari tante saya  yang kemudian saya modifikasi sesuai dengan selera saya . Bagi yang tidak terlalu suka dengan kue manis, kue ini sangat cocok dijadikan teman minum teh .  Selamat mencoba :) 

Cake caramel/Sarang semut
Resep by: nur anisah luthfianti
(asal resep: tantenya saya yg telah saya modifikasi)
Bahan 1
buat caramel:
1/2 kg gula pasir
350 ml air putih hangat
cara : gula pasir dimasak dipenggorengan sampai larut, nanti setelah larut semua akan berbusa. saat berbusa tuangkan air putih (hati hati!!, tuangnya pelan pelan karena akan muncrat bila pakai air putih biasa, hendaknya gunakan air putih panas/hangat supaya tidak terlalu muncrat saat dituang)...diamkan Hingga Dingin dan tidak lagi panas
Bahan 2
190 gram mentega blue band cair (kira2 20 sendok makan)...diamkan hingga dingin tidak lagi panas.
Bahan 3
1/2 kaleng susu kental manis merk Carnation (bila menggunakan merk lain hasilnya suka kurang enak )
Bahan 4
ayak :
terigu serbaguna 250 gram
2 sendok teh munjung soda kue
Bahan 5
9 telur
50 gram gula pasir
Cara membuat:
Mixer bahan 5 gunakan sped paling rendah! kocok sebentar saja kira kira 4 menit. Lalu masukkan bahan 4 perlahan lahan, setelah itu bahan 3, setelah itu bahan 1, lalu terakhir bahan 2.
Saat memasukkan bahan bahan tersebut mixer tetap menyala dengan speed paling rendah, masukkan bahan bahan dengan cepat supaya tidak over mixing....total mixer menyala kira kira 5 menit. kue caramel tidak boleh terlalu lama dimixer, prosesnya cepat sehingga sebelum proses mixer dimulai hendaknya bahan bahan sudah siap semua.
lalu panggang sampai matang . saya menggunakan baking pan ukuran diameter 28 cm untuk resep diatas. sebelum adonan dimasukkan jangan lupa oleskan loyang/ baking pan dengan mentega dan tabur terigu supaya tidak lengket

Selamat mencoba .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar