Minggu, 04 Januari 2015

Chocolate custard muffins

Chocolate custard muffins





Siapa yang tidak suka dengan coklat? kurasa semua orang suka dengan yang namanya Coklat , termasuk saya pastinya. Jika ada orang yg tidak suka dengan beberapa bahan cake seperti keju atau selai selai rasa tertentu, namun jika coklat pasti tiada ada yg sanggup menolaknya heheh.

beberapa kali saya mencoba beberapa resep muffin, namun belum ada yang cocok untuk saya, beberapa diantaranya maur dan seret saat dimakan. hingga suatu hari saya googling googling menemukan resep muffin dengan judul Chocolate custard muffins. Penasaran dengan adanya kata "custart" , kira2 bagaimana buatnya hingga ada embel embel kata "Custart". saya dapat resep ini dari link ini http://www.theguardian.com/lifeandstyle/2008/apr/26/recipe.foodanddrink1 , resep oleh Roger Pizey.

ini resepnya : 


Bahan Bahan :

50g cornflour (tepung Maizena)
3 level tbsp cocoa ( Coklat bubuk, saya suka pakai merk van houten)
100g dark soft brown sugar ( mungkin maksudnya gula merah ya? :D , tapi saya pakai gula palem)
225ml cold water ( air putih biasa ) 
75g unsalted butter, cubed ( mentega unsalted )
125g dark chocolate, broken small ( Coklat , saya biasa pakau colatta )
75ml sunflower oil (saya pakai minyak goreng kualitas yang bagus )
2 tsp vanilla extract 
2 large eggs (telur ukuran besar )
125g caster sugar (saya gula pasir yang saya blender )
125g plain flour (tepung terigu protein sedang, contoh : segitiga biru)
2½ tsp baking powder 
Chocolate chips untuk taburan diatas dan juga di dalamya bila suka, sesuai selera saja

Cara membuat: 

Adonan Custart: 
Pertama siapkan Panci, masukkan tepung maizena& coklat bubuk yg telah diayak , gula palem, dan air, aduk hingga tercampur. masak dengan api kecil aduk aduk terus hingga mengental dan licin. ini yang disebut dengan adonan custart!

Matikan kompor, masukkan mentega dan dark coklat hingga meleleh ke dalam adonan  cusrat diatas lalu aduk rata. Tambahkan Minyak, 1 butir Telur dan vanili (pastikan sdh tidak terlalu panas ) aduk rata. setelah rata masukkan sisa telur dan gula , aduk rata kembali.


campur terigu dan baking powder ke dalam adonan custart diatas, aduk asal! saja tidak usah sampai rata sekali. karena kalau over mix nanti teksurnya tidak seperti muffin melainkan seperti bolu biasa


Masukkan ke dalam cup 1/3 nya saja karena nanti aonan akan naik ketika diganggang , taburi atasnya dengan chocochips, kalau saya dalamnya juga saya kasih chocochips .


Panaskan Oven 180C, panggang selama kurang lebih 25 menit. alam kasus saya, saya hanya menggunakan oven otang biasa yg tdk ada pengatur suhunya. jadi hanya kira2 saja hehe. jadi yang dirumah hanya ada oven otang jangan putus asa :) 





taraaaaaa, jadi deh. Yang paling menyenangkan membuat cemilan ini adalah saat suami, anak dan para keponakan ada dirumah, melihat mereka makan dengan lahap rasanya bikin hati gembira :)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar